Aplikasi Peduli Lindungi Berubah Jadi Satu Sehat Mobile!

Buleleng IT - Kementrian Kesehatan (Kemenkes) akan melakukan transisi perubahan nama untuk aplikasi Peduli Lindungi menjadi Satu Sehat Mobile. Aplikasi yang sebelumnya hanya digunakan pada saat Covid-19, sekarang akan dirubah menjadi aplikasi kesehatan untuk melayani masyarakat.

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengungkapkan kalau pengguna tidak perlu menguninstal aplikasi Peduli Lindungi, sebab nanti akan berubah seiring dengan pembaruan yang akan dilakukan oleh Kemenkes atau Kementrian Kesehatan.


"Nanti Peduli Lindungi akan kita transformasi menjadi Satu Sehat, Yang dimana teman-teman yang sudah dwonload Aplikasi Peduli Lindungi, tidak lagi perlu menghapus aplikasi itu sebab akan ditransformasi menjadi Satu Sehat." Ujar Budi dalam beberapa waktu lalu.

Buleleng IT

Baca Juga : Apa Itu Satu Sehat Mobile Dan Fiturnya? 

Dilihat dari segi fungsional, aplikasi Satu Sehat memiliki fungsi yang jauh lebih luas dari pada aplikasi pendahulunya yaitu Peduli Lindungi. Kementrian Kesehatan atau Kemenkes menyebutkan kalau Satu Sehat akan lebih kepada kesehatan secara menyeluruh, dan pengguna juga dapat melihat rekam jejak medis yang pernah dialami sebelumnya hanya dengan lewat HP saja.

Untuk saat ini, pengguna yang sudah menginstal aplikasi Peduli Lindungi, telah di informasikan agar segera migrasi ke Satu Sehat Mobile.

Pada bagian preferensi di aplikasi Peduli Lindungi, terpampang ikon Beta, yang dimana didalamnya meminta akes untuk pertukaran data dari aplikasi Peduli Lindungi ke Satu Sehat Mobile.

Jika pengguna menyetujui permintaan akses tersebut, setelahnya proses pertukaran data pu telah dimulai. Saat sudah selesai, maka akan ada notif dengan tulisan "Ringkasan Rekam Medis Anda Terhubung Dengan Satu Sehat."

Pada tahun 2020, aplikasi Peduli Lindungi diluncurkan oleh pemerintah dan menjadi salah satu andalan dalam menangai kasus Covid-19. Dengan beberapa fitur yang dihadirkan oleh Peduli Lindungi mulai dari memantau penyebaran virus Covid-19, Sertifikat Vaksin, Dokument Perjalanan, Dan masih banyak lagi. 

Berdasarkan data yang diungkap pada akhir bulan Desember tahun 2022, pengguna dari aplikasi Peduli Lindungi mencapai hingga 103 juta. Dan kini setelah dua tahun lamanya aplikasi Peduli Lindungi membantu kita dalam menangani virus Covid-19, aplikasi Peduli Lindungi akan "Dimatikan" dan dirubah menjadi Satu Sehat Mobile oleh Kementrian Kesehatan pada tanggal 28 Februari 2023.

Buleleng IT 

Baca Juga : Ngomongin Seputar AI atau Kepintaran Buatan! 

I Kadek Angga Wisesa

Perkenalkan saya seorang anak IT dengan jurusan Teknik Komputer Jaringan. Nama saya I Kadek Angga Wisesa, sering dipanggil Angga. Saya asli dari Tunjung namun untuk sekarang saya tinggal di Jagaraga.

Post a Comment

Previous Post Next Post

Contact Form