Mengenal Apa Itu Jaringan Dasar

Jaringan dasar adalah jaringan komputer yang menghubungkan komputer dan perangkat lainnya untuk berbagi informasi dan layanan. Jaringan dasar dapat berupa jaringan lokal (LAN), jaringan metropolitan (MAN), atau jaringan luas (WAN).


Okk... ngomongin masalah jaringan tentunya sudah tidak asing lagi didengar oleh orang-orang kayak kalian ini, apalagi anak IT dengan jurusan Teknik Komputer.

BTW disini kita hanya akan membahas sedikit mengenai apa itu jarigan dasar, mulai dari pengertian jaringan dasar, topologi jaringan, protocol jaringan, dan keamanan jaringan.

Ett... tapi sebelum kalian lanjut membaca artikel ini, saya harap kalian sudah memeprsiapkan mental kalian, karena materi yang akan saya berikan ini cukup ribet dan membutuhkankonsentrasi penuh agar mampu memahaminya! Sudah? Ok  tanpa basa basi, langsung aja kita ke penjelasannya!!!

1. Pengertian Jaringan Dasar

Untuk masalah pengertian jaringan dasar karena sudhah saya jelaskan secara singkat, padat, dan jelas pada bagian awal artikel ini. Jadi bagi kalian yang belum paham, monggo dibaca dari atas lagi, tenang... membaca itu gratis kok, hehehe. Ok lanjut...


2. Topologi Jaringan Dasar

Topologi jaringan adalah cara komputer dan perangkat lainnya terhubung dalam jaringan. Topologi jaringan menentukan bagaimana informasi dikirimkan antara komputer dan perangkat lainnya. Ada beberapa jenis topologi jaringan, termasuk bus, ring, dan mesh.

Owhh iaa, BTW untuk masalah penjelasan mengenai apa itu jenis topologi Bus, Ring, dan juga Mesh akan kita bahas di sesi yang lainnya ya... biar gak pusing kepala kalian. Tapi bagi kalian yang penasaran dengan hal tersebut! bisa klik link dibawah ini :



3. Protocol Jaringan Dasar

Protokol jaringan dasar adalah aturan yang mengatur bagaimana komputer dan perangkat lainnya berkomunikasi satu sama lain di sebuah jaringan. Beberapa protokol jaringan dasar yang umum digunakan adalah TCP/IP, Ethernet, dan Wi-Fi.


Itu dia singkat untuk mengenai penjelasannya, untuk materi yang lebih mendalamnya lagi menegnai penggunaan TCP/IP, Ethernet, dan juga Wifi akan sama kita bahas di lain sesi yaa... kasian kepala kalian malah tambah pusing!!!

4. Keamanan Jaringan Dasar


Keamanan jaringan dasar adalah proses yang digunakan untuk melindungi data dan informasi yang disimpan di sebuah jaringan. Beberapa cara untuk meningkatkan keamanan jaringan dasar adalah dengan menggunakan enkripsi, autentikasi, dan firewall.

Sama seperti sebelumnya... untuk penjelasan lebih lanjut akan kita bahasa dipertemuan berikutnya... akhir kata saya ucapkan terima kasih dan sampai jumpa...



I Kadek Angga Wisesa

Perkenalkan saya seorang anak IT dengan jurusan Teknik Komputer Jaringan. Nama saya I Kadek Angga Wisesa, sering dipanggil Angga. Saya asli dari Tunjung namun untuk sekarang saya tinggal di Jagaraga.

Post a Comment

Previous Post Next Post

Contact Form