Apa Itu DNS Server?

DNS atau yang disingkat dari (Domain Name System) merupakan salah satu opsi yang penting dalam hal  mempelajari jaringan. Sebagai siswa IT khususnya jurusan Teknik Komputer dan Jaringan, istilah DNS tentunya sudah tidak asing lagi kita dengar di telinga kita. Namun, meski sering kita dengar, tidak sedikit pula yang tidak tau apa fungsi dari pada DNS tersebut.

Berikut Buleleng IT akan mengulas sedikit tentang apa yang dimaksud dengan DNS, mulai dari definisi, dan kegunaannya. Simak baik-baik ya...

Apa Itu (Domain Name System) DNS

DNS (Domain Name System) merupakan sistem yang digunakan untuk mengkonversei nama domain ke alamat IP. Hal tersebut dilakukan agar para pengguna internet dapat mengunjugi situs web yang diinginkan hanya mengetikan nama situs webnya. 

saya yakin masih banyak yang gak paham kalau dijelasin kayak gitu!!! Tapi kita lanjut dulu ke penjelasannya, nanti saya akan berikan beberapa contoh agar kalian bisa ngerti apa itu DNS... ok!

Apa Fungsi Dari DNS?

Fungsi dari pada DNS adalah untuk mempermudah pengguna internet dalam mencari website atau situs-situs yang ingin dikunjungi. Sebelum adanya DNS biasanya semua website dan situs-situs itu memiliki nama yang rumit berupa alamat IP. 

Contohnya kita ambil saja website google.com, google.com memiliki alamat IP 8.8.8.8 dan 8.8.4.4, jadi sebelum adanya DNS kalau kita ingin mengakses website google.com, kita harus menggunakan alamat IP agar bisa berkunjung ke situs tersebut.


kalian pasti bertanya-tanya, kanapa kita harus menggunakan DNS?  Kenapa tidak kita bikin saja dari awal menjadi google.com? kan lebih mudah!

Okk jadi gini, komputer tidak sepintar itu, mereka tidak bisa membedakan identitas dengan huruf abjad seperti youtube.com itu yang mana? dan yang mana google.com? Hal tersebut dikarenakan mereka tidak dapat mengerti bahasa manusia. 

Komputer menggunakan bahasa pembrograman berupa angka biner agar dapat berkomunikasi antara komputer satu dengan yang lainnya, oleh karena itu semua website yang ada di internet itu semuanya berupa angka biner atau bahasa pembrograman.  

Dikarenakan rumitnya kita sebagai manusia untuk mengingat angka-angka yang menjadi alamat pada setiap website, maka hadirlah DNS yang menyediakan layanan domain agar angka-angka itu bisa dikonversikan menjadi abjad agar lebih mudah diingat. contohnya dari 8.8.8.8 menjadi google.com.

Singkatnya yang dimaksud dengan DNS itu adalah Domain Name System yang berfungsi untuk mengkonversi angka-angka yang menjadi alamat dari sebuah website, agar lebih mudah untuk diingat dan diakses oleh pengguna.

Kalau misalkan kalian masih tidak terlalu paham apa yang dimaksud dengan DNS, kalian bisa baca cara kerjanya pada artikel berikut :

Baca Juga : Cara Kerja DNS Server

Saya harap dengan artikel ini kalian bisa mengerti sedikit mengenai apa itu DNS dan fungsinya. Akhir kata saya ucapkan terima kasih dan sampai jumpa di lain waktu... good bye... 


I Kadek Angga Wisesa

Perkenalkan saya seorang anak IT dengan jurusan Teknik Komputer Jaringan. Nama saya I Kadek Angga Wisesa, sering dipanggil Angga. Saya asli dari Tunjung namun untuk sekarang saya tinggal di Jagaraga.

Post a Comment

Previous Post Next Post

Contact Form