Penjelasan Mengenai Apa Itu IP Address Dan Fungsinya

 

Buleleng IT – Internet Protocol Adress atau Alamat IP merupakan serangkaian nomer unik yang dimiliki oleh setiap perangkat electronik agar mampu berkomunikasi di internet.

Ngomongin masalah IP Address tentunya merupakan sebuah hal yang lumbrah bagi anak-anak IT kususnya jurusan TKJ. Kalau sampai anak TKJ tidak paham apa itu IP Address, siap-siap ditendang kalian dari sekolah… wkwkw canda!

            Jadi gimana dong biar kita bisa paham apa itu IP Address?

Makanya artikel ini kita buat agar kalian bisa paham mengenai definisi, macam-macam, kelas, juga kegunaan dari IP Address! Simak baik-baik yaa.

1.     Apa Itu IP Address?

IP Address itu adalah “sebuah identitas yang menggunakan kombinasi angka unik pada perangkat-perangkat electronic yang terhubung dengan jaringan internet”

Contoh IP Address itu kayak gini “192.168.1.1/24” yang dimana angka-angka ini biasa kita temukan pada perangkat electronic seperti komputer, laptop, maupun HP.

Memang ada sih beberapa definsi lain mengenai apa yang dimaksud dengan IP Address di berbagai sumber dalam internet. Namun pada intinya definisi yang diberikan juga tidak jauh berbeda dengan apa yang kami jelaskan disini.

            Terus…. Fungis dari pada angka-angka itu untuk apa?

Okkk… kita bahas dibawah yaaa mengenai fungsi dari pada angka-angka unik diatas! Let’s check this out!

2.     Apa Fungsi IP Address?

Sudah puas mengenai definisi IP Address, sekarang kita akan lanjut mengenai apa sihh fungsi dari pada IP Address tersebut?

Pada dasarnya IP Address ini akan menjadi syarat wajib yang harus dipenuhi sebuah perangkat elektronik agar mampu terhubung ke internet. Dan dengan adanya IP Address pada sebuah perangkat, akan membuat perangkat tersebut mampu berkomunikasi bahkan berbagi data dengan perangkat lain.

Itu pembahasan secara mendasarnya saja yaa… kalau kalian pengen yang lebih rinci! Kita akan bahas di segmen yang berbeda! Okk… Lanjut!

Perlu diketahui… IP Address itu ada dua versi… pengen tau? Ihh kepo banget sih kamu! Wkwk canda… kita bahas setelah ini yaa… Lanjut!

3.     Versi IP Address

Menurut macam-macamnya… IP Address itu dapat dibagi menjadi dua yaitu IPV4 dan juga IPV6.

            Terus apa bedanya IPV4 dengan IPV6? Beda kegunaan? Beda alam? Beda circle?

Okokok… sini kita jelasin dulu yaa… kalau kita ambil dari segi fungsi, keduanya sama-sama memiliki fungsi sebagai syarat untuk sebuah perangkat agar bisa terhubung dengan internet.

Namun dari segi bentuk, dan definisi… keduanya memiliki perbedaan yang signifikan! Berikut pembahasannya!

    A.    IPV4

Definisi :

Menurut bang Wikipedia “IPV4 atau Internet Protocol Versi 4 adalah ruang alamat 32bit. Yang dimana IPV4 ini mampu menyediakan 4.294.967.296 alamat unik. Akan tetapi blok besar digunakan untuk metode jaringan khusus”

Yaa… begitulah kata bang Wikipedia, sedikit tambahan, yang membedakan antara IPV4 dengan IPV6 juga terdapat pada angka unik dan banyaknya baris yang dipisahkan oleh titik pada setiap alamat IP.

Bentuk :

Maksudnya IPV4 itu hanya menggunakan kombinasi angkat dan hanya terbatas 4 baris pada setiap alamat IP yang dibuatnya.

Ini contohnya : “192.168.1.0” hanya terdapat 4 baris dan merupakan kombinasi dari angka saja.

    B.      IPV6

Definisi :

Internet Protocol Versi 6 merupaakn alamat dengan ruang alamat 64bit, hal tersebut menyebabkan IPV6 dipresentasikan menjadi delapan grup, serta dipisahkan dengan titik dua “ : ”

Yaa singkatnya seperti itulah definisi mengenai IPV6! Kalau misalnya masih kurang jelas… mungkin dengan mengetahui bentuk dari IPV6 akan membantu kalian dalam memahami IPV6.  

Bentuk :

Untuk bentk dari IPV6 ini sangatlah berbeda dari IPV4, yang dimana untuk IPV4 hanya menggunakan kombinnasi angkat, untuk IPV6 justru menggunakan kombinasi angka dan huruf.

Contoh bentuk IPV6 : “2001:0db8:0000:0000:8a2e:370:7334”

Gimana Panjang banget kan? IPV6 terbuat dari kombinasi angka dan huruf, serta terdiri dari delapan baris dan dipisahkan oleh titik dua “:”

Untuk sekarang kayaknya segitu dulu cukup deh! terus untuk selanjutnya kita akan mengenal yang namanya kelas IP, yang akan kita bahas di sesi yang lainnya. Jika kalian merasa artikel ini bermanfaat, mohon di follow websitenya yaa! sampai jumpa di pertemuan yang lainnya, good bye!

I Kadek Angga Wisesa

Perkenalkan saya seorang anak IT dengan jurusan Teknik Komputer Jaringan. Nama saya I Kadek Angga Wisesa, sering dipanggil Angga. Saya asli dari Tunjung namun untuk sekarang saya tinggal di Jagaraga.

Post a Comment

Previous Post Next Post

Contact Form