Cina Luncurkan Ribuan Satelit Untuk Melawan Starlink!

Buleleng IT - Peneliti menyebutkan kalau China atau negeri Tiongkok ingin meluncurkan ribuan satelit yang diberi nama "GW" untuk melawan Starlink milik SpaceX. Berdasarkan dari laporan yang didapat, satelit yang diluncurkan tersebut akan digunakan untuk menekan jaringan Starlink dan dikatakan memiliki misi "Anti Starlink"

Menurut tim peneliti asal Space Enginering University Beijing China, dan yang dipimpin oleh Profesor Xu Can, jaringan satelit yang akan diluncurkan oleh China ialah sebanyak 12.992 yang nantinya akan mengorbit di near earth, atau sekitar 45 juta Kilo meter dari orbit bumi.


Untuk saat ini Starlink sudah mempunyai 3000 satelit yang mengorbit di low earth atau "sekitar 2000Km dari permukaan bumi." SpaceX berencana untuk menerbangkan lebih dari 12.000 satelit pada tahun 2027 mendatang, yang nantinya mungkin akan lebih hingga 40.000 satelit.

Sampai sekarang masih belum diketahui kapan satelit GW miliki China akna diluncurkan. Namun menurut penelitian Profesor Xu dan timnya, GW akan diluncurkan sebelum Starlink melengkapi jaringan satelitnya.

Satelit GW juga dikatakan akan diletakan di orbit yang lebih tinggi dan belum pernah dicapai oleh Starlink, sehingga mereka bisa unggul dari dalam hal ketinggian satelit, dan mampu menekan Starlink.


Ren Yuanzhen, yang merupakan seorang peneliti dari Beijing Institute of Traking and Telecomunications, menyebutkan bahwa China harus mempunyai metode untuk menghancurkan satelit miliki Starlink. Menurutnya, satelit Starlink dapat dipergunakan untuk keperluan militer, termasuk meningkatkan kecepatan transmisi data ke drone dan pesawat jet stealth.

Selain itu, Ren juga mengklaim bahwa satelit seperti itu dapat memberikan koneksi internet pada pasukan di medan perang, menghancurkan target penting menggunakan ion thruster, ataupun membawa muatan militer.

Satelit Starlink juga dikatakan berpotensi menghancurkan target penting dengan menggunakan kemampuan bermanurvernya. Yang dimana hal tersebut membuat China harus membuat teknologi radar baru untuk memantau dan mengidentifikasi satelit Starlink.

I Kadek Angga Wisesa

Perkenalkan saya seorang anak IT dengan jurusan Teknik Komputer Jaringan. Nama saya I Kadek Angga Wisesa, sering dipanggil Angga. Saya asli dari Tunjung namun untuk sekarang saya tinggal di Jagaraga.

Post a Comment

Previous Post Next Post

Contact Form