Mudahnya Belajar Public Speaking

Apa Itu Public Speaking?

Mudahnya Belajar Public Speaking - Public Speaking adalah kemampuan seseorang untuk berbicara di depan umum. Ini termasuk berbicara di depan kelompok kecil atau besar, di depan kamera, di depan meja, atau di depan audiens online.

Tujuan Belajar Public Speaking

Tujuan belajar Public Speaking adalah untuk meningkatkan kemampuan seseorang dalam berbicara di depan umum. Hal ini berguna untuk meningkatkan kepercayaan diri, meningkatkan keterampilan komunikasi, dan membantu seseorang untuk menyampaikan pesan dengan lebih efektif. 

Dengan belajar Public Speaking, seseorang juga dapat membangun kemampuan untuk berbicara di depan orang banyak, meningkatkan kemampuan untuk berinteraksi dengan audiens, dan meningkatkan kemampuan untuk menyampaikan pesan dengan lebih baik.

Selian terdapat tujuan dari orang-orang untuk belajar Public Speaking, tentunya juga terdapat beberapa manfaat saat belajar Public Speaking. Berikut beberapa manfaat dari belajar Public Speaking versi Buleleng IT.

Manfaat Belajar Public Speaking

Public Speaking tentunya memiliki banyak sekali manfaat bagi orang yang bisa menguasai solfskill ini. Dan berikut adalah beberapa manfaat dari Public Speaking versi BulelengIT :

1. Meningkatkan kepercayaan diri

Public speaking dapat membantu Anda meningkatkan kepercayaan diri dan meningkatkan keterampilan komunikasi Anda.

2. Membangun hubungan

Public speaking dapat membantu Anda membangun hubungan dengan orang lain dan membangun jaringan yang bermanfaat.

3. Menjadi lebih kreatif

Public speaking dapat membantu Anda mengembangkan ide-ide baru dan menjadi lebih kreatif dalam berpikir.

4. Meningkatkan kemampuan berpikir kritis

Public speaking dapat membantu Anda meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan mengembangkan strategi untuk menyelesaikan masalah.

5. Meningkatkan kemampuan presentasi

Public speaking dapat membantu Anda meningkatkan kemampuan presentasi Anda dan membuat presentasi yang lebih efektif.

Tips Untuk Belajar Public Speaking Dari Nol!

Bagi kalian yang sama sekali gak pernah tampil didepan umum, tapi pengen banget belajar public speaking! Tenang ajaa... Buleleng IT akan memberikan beberapa tips untuk kalian agar bisa belajar Public Speaking dari nol banget!!! Ikuti tipsnya yaaa....

Mencari Topik 

Pertama yang harus kita lakukan adalah mencari topik, karena kalau gak ada topik! Mau ngomong apa coba? Jadi wajib bagi kita memilih sebuah topik yang kita kuasai, agar lebih leluasa dalam menyampaikan informasi yang ingin kita sampaikan ke audiens.

"Tapi aku sama sekali gak punya topik kk... gimana dong? Meskipun ada topik... aku males buat bawain topik yang enggak aku suka!!!

Hmm... Gimana ya? Kalau gitu kalian bisa coba menceritakan diri kalian sendiri, harusnya itu gampang kan? Soalnya siapa sih yang gak paham sama dirinya sendiri! 

"Cerita tentang diri sendiri? hmmm....?"

Simpel... yang pertama coba deh kalian cari sebuah moment yang paling berkesan dalam hidup kalian. Tentunya sebuah moment membanggakan yang kalian ingin orang lain tau tentang momont tersebut. 



Misalnya kayak perjuangan kamu dalam meraih juara kelas, memenangkan sebuah lomba, hingga membangun sebuah usaha dari nol hingga sukses. Kalau sudah! kita langsung lanjut ke langkah yang kedua!

Action

Percuma dong kalau misalnya kalian sudah punya topik dan paham akan topik tersebut, tapi gak ada action/praktik. Makanya setelah mencari topik yang pas dan juga tepat, kita wajib untuk mulai latihan bicara atau ngomong.
"Tapi kk, aku malu... apa lagi nyeritain tentang diri sendiri ke public! Entar dibilang caper lagi sama orang-orang!"

Maksud dari pada action itu bukan berarti kita langsung terjun kelapangan, melainkan latihan mandiri dirumah atau dikamar juga bisa dibilang action. Terus pertanyaannya "Cara latihannya gimana kalau dirumah?"


Gampang!!! kuncinya kalau pengen ngomong tapi gak malu adalah "Ngomong Sendiri" dan kunci biar gak disangka gila karena ngomong sendiri adalah "Cari Tempat Sepi"

Karena yang namanya keterampilan berbicara di depan umum atau Public Speaking itu intinya dipraktekin terus. Karena mental dan cara bicara yang baik akan terbentuk secara sendirinya.

Perbanyak Jam Terbang

Terakhir perbanyaklah jam terbang kalian dalam hal Public Speaking. Karena dengan kalian memperbanyak jam terbang, akan membuat mental dan skill kalian semakin terasah.
"Ohh gitu... Terus caranya memperbanyak jam terbang tu gimana?"

Caranya menambah jam terbang dalam hal Public Speaking itu ada banyak, salah satunya adalah ikut organisasi sekolah, ataupun organisasi sosial, tampil presentasi di kelas dan di kantor/tempat kerja, dan masih banyak lagi.

Okk, jadi itu dia beberapa tips belajar Public Speaking dari nol versi Buleleng IT, intinya perbanyak usahanya dan kurangi malesnya... Dengan begitu astungkara, jangankan belajar Public Speaking, belajar membuat uangpun bukanlah hal yang sulit untuk kalian.

Akhir kata saya ucapkan terima kasih karena sudah membaca sampai akhir, dan sampai jumpa lagi di artikel selanjutnya.

I Kadek Angga Wisesa

Perkenalkan saya seorang anak IT dengan jurusan Teknik Komputer Jaringan. Nama saya I Kadek Angga Wisesa, sering dipanggil Angga. Saya asli dari Tunjung namun untuk sekarang saya tinggal di Jagaraga.

Post a Comment

Previous Post Next Post

Contact Form