Cara Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kritis (Critical Thingking)!

 Apa Itu Critical Thingking?

Critical thinking atau berfikir kritis adalah salah satu keterampilan berpikir yang menggunakan analisis, penilaian, dan interpretasi untuk mengidentifikasi suatu masalah, mengambil keputusan, dan memecahkan masalah.
 


Ini melibatkan menganalisis informasi yang tersedia, mengevaluasi kredibilitas sumber informasi, dan membuat keputusan yang bijaksana. Critical thinking juga dapat digunakan untuk mengidentifikasi dan menyelesaikan masalah yang lebih kompleks

Lantas...? Apa manfaat dari pada berfikir kritis? Apakah akan berguna bagi kita kalau mempelajarinya?
Berikut adalah beberapa pembahasan mengenai pertanyaan diatas!

Apa Manfaat Berfikir Kritis?

Berfikir kritis dapat membantu kita dalam memecahkan suatu masalah, dan dengan berfikir kritis, kita juga dapat membuat sebuah keputusan dan penilaian yang tepat terhadap sesuatu. Jadi bila ditanya "Ada gunanya gak keterampilan berfikir kritis itu kita pelajari?" Jawabannya sudah tentu sangat beguna.

Dan berikut merupakan beberapa manfaat yang mungkin kita dapatkan saat mempelajari keterampilan berfikir kritis versi Buleleng IT :

1. Membantu meningkatkan kemampuan berpikir logis. Berfikir kritis membantu kita untuk menganalisis informasi dan membuat keputusan yang tepat dan logis.

2. Membantu meningkatkan kreativitas. Berfikir kritis juga memungkinkan kita untuk mencari solusi yang inovatif dan berbeda dari masalah yang dihadapi.

3. Meningkatkan kemampuan untuk memecahkan masalah. Ini juga akan  membantu kita untuk menganalisis masalah secara lebih mendalam dan menemukan solusi yang lebih tepat untuk sebuah masalah.

4. Dapat membuat keputusan yang bijaksana. Keterampilan Berfikir kritis memungkinkan kita untuk mempertimbangkan segala sesuatu dengan lebih baik sebelum membuat keputusan.

5. Menambah kemampuan untuk beradaptasi dengan lingkungan yang berubah. Skill berfikir  denga kritis juga dapat membuat kamu bisa mengidentifikasi situasi yang berubah dan menyesuaikan diri dengan cepat dan efektif.

 

Bagaimana Cara Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kritis?

Ada beberapa cara yang dapat kalian coba dan lakukan agar dapat meningkatkan kemampuan berfikir kritis. Beberapa cara tersebut bisa kalian baca di bawah ini :

1. Membaca Dan Menonton Berita Yang Berkualitas

Dengan membaca dan juga menonton sebuah berita yang berkualitas, akan dapat membantu kalian dalam membuat sebuah penilaian berbeda terhadap sesuatu.

Selain itu, dengan semakin banyaknya kamu membaca, maka akan samakin banyak pula pertanyaan yang akan ada dikepala kamu yang akan membuat keterampilan berfikir kritis kamu berkembang.

2. Berdiskusi Dengan Orang Yang Lebih Pintar

Berdiskusi dengan orang lebih pintar juga dapat meningkatkan kemampuan berfikir kritis yang kita punya. Itu disebabkan karena orang yang lebih pintar cenderung memberikan argumen-argumen yang berbeda dan membuat kita ingin mencari argumen yang dapat menentang argument tersebut.

Berbicara dengan orang yang lebih pintar juga biasanya akan memberikan sudut pandang berbeda yang tidak akan membuat kita menilai sesuatu hanya dengan satu sudut pandang saja.

3. Mencoba Teka-Teki Dan Permainan Logika

Mencoba teka teki dan juga permainan logika akan membuat keterampilan berfikir kritis kita semakin berkembang. Itu disebabkan karena teka-teki yang harus kita dipecahkan memaksa otak kita untuk berfikir. 

Belum lagi permainan logika yang sulit akan mengharuskan kita untuk berfikir di luar konsep agar dapat memecahkan permainan tersebut.

I Kadek Angga Wisesa

Perkenalkan saya seorang anak IT dengan jurusan Teknik Komputer Jaringan. Nama saya I Kadek Angga Wisesa, sering dipanggil Angga. Saya asli dari Tunjung namun untuk sekarang saya tinggal di Jagaraga.

1 Comments

Previous Post Next Post

Contact Form