Mengenal Apa Itu Topologi Jaringan!

Apa Itu Topologi Jaringan?

Topologi jaringan komputer adalah cara bagaimana komputer dan perangkat jaringan lainnya terhubung satu sama lain. Topologi jaringan menentukan bagaimana informasi dikirimkan antara komputer dan juga perangkat jaringan lainnya yang terhubung.

Okk, jadi kita sekarang akan membahas lebih dalam seputar Topologi Jaringan seperti yang sudah saya janjikan sebelumnya. Disesi kali ini kita akan membahasa beberapa jenis topologi yang ada pada jaringan, antara lain seperti topologi Bus, Ring, dan juga Mesh.

Sebenarnya masih ada sihh beberapa topologi yang belum saya sebutkan, namun untuk sesi kali ini kita hanya akan membahasa tiga saja, yang sudah saya sebutkan di atas. Dan tanpa basa basi juga, langsung aja kita menuju ke penjelasannya.

Jenis-Jenis Topologi Dan Fungsinya


Topologi Bus

Topologi bus adalah salah satu topologi jaringan yang paling umum digunakan. Topologi bus menggunakan sebuah kabel yang terhubung ke setiap komputer dan perangkat jaringan lainnya. Kabel ini desebut bus, dan infromasi dikirimkan melalui bus ini. 
Topologi bus adalah topologi yang paling sederhana dan paling murah untuk diimplementasikan, tetapi juga memiliki beberapa kelemahan, seperti misalnya tidak ada redundansi atau kemampuan untuk mengirim informasi secara bersamaan.

Topologi Ring

Topologi ini menggunakan sebuah kabel yang terhubung ke setiap komputer dan perangkat jaringan lainnya, tetapi informasi dikirimkan melalui kabel ini dalam bentuk sinyal berputar. 

Topologi ini lebih mahal untuk diimplementasikan daripada topologi bus yang jauh lebih murah. Akan tetapi topologi ini juga memiliki beberapa keuntungan, seperti contohnya mampu mengirimkan informasi secara bersamaan.


Topologi Mesh

Topologi Mesh adalah topologi lain yang sering digunakan. Topologi ini menggunakan sejumlah kabel yang terhubung dengan sejumlah komputer dan beberapa perangkat jaringan lainnya. Informasi yang dikirimkan melalui kabel-kabel ini bisa dikalukan secara bersama-sama kalau menggunakan jenis topologi ini. Akan tetapi. 


Topologi mesh jauh lebih mahal untuk diimplementasikan dari pada topologi ring dan juga bus. Namun dengan beberapa kelebihan yang diberikan oleh jenis topologi ini, membuatnya layak untuk memiliki harga yang jauh lebih mahal dari pada topolgi ring dan bus.

Apa Manfaat Dari Membuat Topologi 

Untuk masalah manfaat dari pada kita membuat sebuah topologi jaringan, saya akan menjelaskannya secara singkat dan jelas. Dan semoga dengan begini kalian jauh lebih paham mengenai apa itu topologi jaringan. Manfaat dari topologi jaringan secara singkat menurut Buleleng IT adalah sebagai berikut :
  1. Dengan membuat topologi jaringan, kita akan dipermudah dalam penempatan perangkat jaringan seperti router, switch, atau bahkan server.
  2. Dengan adanya topologi jaringan yang kita buat, juga akan mempermudah kita dalam memecahkan sebuah troubleshooting/masalah yang terjadi pada sebuah jaringan.
  3. Topologi jaringan juga membuat kita mudah melakukan perawatan kepada perangkat jaringan, dan memastikan mereka bekerja dengan baik dan normal.
Hmm... mungkin itu aja sih, yaa singkatnya itu dia beberapa penjelasan mengenai apa itu topologi jaringan. Saya harap dengan kalian membaca artikel yang saya buat ini, bisa membuat kalian sedikit memahami apa yang dimaksud dengan topologi komputer. 

Akhir kata saya ucapkan terima kasih atas kunjungannya, dan sampai jumpa di sesi selanjutnya...

I Kadek Angga Wisesa

Perkenalkan saya seorang anak IT dengan jurusan Teknik Komputer Jaringan. Nama saya I Kadek Angga Wisesa, sering dipanggil Angga. Saya asli dari Tunjung namun untuk sekarang saya tinggal di Jagaraga.

Post a Comment

Previous Post Next Post

Contact Form