Pabrik Kabel iPhone Di India Terbakar!

Buleleng IT - Pabrik milik Foxlink adalah salah satu perusahaan yang memproduksi kabel charger iPhone di Andhra Pradesh, India, mengalami kebakaran hebat pada Senin, 27 Februari 2023.

Kebakaran tersebut menyebabkan hampir sekitar 50% dari mesin-mesin yang terdapat di pabrik mengalami kerusakan. Bahkan saking besarnya kebakaran yang terjadi, menyebabkan dua bangunan runtuh, Kamis, 2 Maret 2023.

Mengenai dampak yang dialami oleh perusahaan iPhone akibat kebakaran tersebut masih belum terungkap, namun yang pasti, total kerugian yang ditanggung akibat kebakaran tersebut mencapai 1 Juta USD. Akibatnya perusahaan Foxlink mau tidak mau harus menghentikan produksi pabriknya hingga 2 bulan kedepan untuk proses perbaikan. 



Apple mulai merakit iPhone pada tahun 2017 di India lewat Wistron, yang kemudian diikuti oleh Foxcoon. Foxlink merupakan salah satu perusahaan yang menjadi bagian dari rantai pasokan untuk memproduksi iPhone di India.

Bukan tidak mungkin jika pasokan charger iPhone dari Foxlink berhenti, akan mengakibatkan produksi iPhone di India juga akan ikut terhenti. Kecuali jika Apple punya cadangan untuk memasok kabel lain, yang bisa menggantikan Foxlink dalam memproduksi kabel charger untuk iPhone.

Perusahaan Foxlink menyatakan bahwa kecelakan tersebut menyebabkan beberapa bangunannya mengalami kerusakan yang cukup parah. Namun untungnya, tidak terdapat korban jiwa saat terjadinya kecelakan tersebut. Mereka mengaku saat ini sedang bekerja keras agar bisa kembali menjalankan produksi di pabrik tersebut seperti sedia kala.


Mereka juga mengungkapkan kalau peralatan dan inventory yang terbakar masih terlindungi oleh asuransi, sehingga kebakaran tersebut tidaklah berdampak terlalu besar bagi kondisi bisnis dan finansial Foxlink. 

Sedangkan pihak berwajib di India menyebutkan bahwa banyak peralatan keamaan yang terdapat di Foxlink, tidak dapat berfungsi lagi, seperti pendeteksi asap, spinkler, dan hidren. Sehingga hal tersebut berdampak pada lambatnya penaganan kebakaran yang terjadi.

I Kadek Angga Wisesa

Perkenalkan saya seorang anak IT dengan jurusan Teknik Komputer Jaringan. Nama saya I Kadek Angga Wisesa, sering dipanggil Angga. Saya asli dari Tunjung namun untuk sekarang saya tinggal di Jagaraga.

Post a Comment

Previous Post Next Post

Contact Form